It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Friday, March 20, 2020

Email Domain untuk Profesionalisme, Citra Bisnis, dan Kinerja Bisnis

Akhir-akhir ini, saya mulai sering menerima email dari klien dengan menggunakan namaemail@namaperusahaan.com. Penggunaan email dengan nama domain perusahaan seperti ini membuat saya lebih mudah menverifikasi sementara terkait calon klien. Verifikasi sementara ini memudahkan saya dalam membuat surat penawaran, karena saya bisa mencari tahu nama perusahaan dan alamat perusahaan, berikut nama klien. Verifikasi awal ini berguna buat saya yang bergerak di bidang persewaan barang bergerak, untuk menvalidasi kebenaran dan eksistensi perusahaan penyewa.

Mengapa penting sekali bagi saya untuk melakukan verifikasi? Karena kami sudah beberapa kali tertipu oleh penyewa baik perorangan atau perusahaan yang ternyata abal-abal. Sehingga banyak kerugian yang kami alami, baik kerugian material (barang yang hilang, baik Laptop maupun LED TV) maupun tenaga, pikiran, dan trauma. Apalagi, saat barang-barang tersebut hilang dan dilaporkan ke pihak yang berwajib, proses yang harus kami lalui cukup lama dan memakan tenaga. Sehingga kadang kami hanya pasrah dan lebih mengedepankan untuk kembali beraktivitas sambil menjaga kehati-hatian proses dan prosedur pelayanan sewa menyewa.

Selain memudahkan saya dalam menvalidasi calon klien, penggunaan email domain tersebut juga berasa dan bercitra profesional dan kredibel, karena berbeda dengan email umum lainnya yang tidak bisa dibedakan apakah email tersebut email perusahaan resmi atau bukan. Dan pastinya juga lebih dapat dipercaya dan keren.

Pertanyaannya sekarang adalah, mengenai biaya email domain berbayar

Mengapa? 
Karena dengan memakai email domain, maka pemilik email harus memiliki domain dan hosting juga. Nah, untuk memiliki domain dan hosting, maka kita harus beli. Iya kan? Dan lagi, domain dan hosting itu ada masanya juga yang harus dibayarkan jika periodenya sudah berakhir.

Tapi, berdasarkan pengalaman saya, bisa dikatakan bahwa nilai uang yang kita keluarkan untuk membeli hosting dan domain tersebut tidak sebanding dengan nilai tambah yang kita peroleh dari hosting dan domain yang kita bayarkan. Kepercayaan, profesionalitas, keabsahan, dan keterandalan yang tercermin dari nama domain dan email domain tersebut adalah bagian dari driver atau pemacu citra dan kinerja usaha.  Apalagi, saat ini banyak penyedia hosting Indonesia yang menyediakan paket-paket hosting murah dengan layanan yang bagus. Tambahan lagi, para penyedia layanan hosting tersebut juga seringkali memberikan fasilitas domain murah dan bahkan gratis. Beberapa bulan lalu saya membeli hosting Indonesia dan mendapatkan fasilitas domain gratis pula untuk kebutuhan pengembangan usaha. 

Korelasi Penggunaan Email Domain, Citra Bisnis, Proses Bisnis, dan Kinerja Bisnis
Secara teknis saya memang kurang memahami seluk beluk domain hosting, tetapi sebagai pengguna email dan website, saya memandang bahwa penggunaan website berbayar itu bisa bikin kita lebih percaya diri. Nah, sampai di sini dapat dijelaskan bahwa penggunaan email domain itu memiliki pengaruh terhadap kepercayaan mitra bisnis karena email domain memiliki karakteristik yang melekat,  yaitu profesionalitas, keandalan, kredibilitas,  dan keamanan. Karakteristik tersebut selanjutnya berpengaruh pada citra usaha, percaya diri karyawan, kepercayaan mitra yang pada akhirnya akan berdampak pada kinerja usaha.

Nah, sekarang, apa sih yang dipertimbangkan saat memilih penyedia hosting untuk membuat email domain?

Berdasarkan pengalaman saya pada saat saya membeli hosting untuk membantu usaha suami, maka pada saat memilih penyedia hosting, yang biasanya saya pertimbangkan selain harga adalah layanan purna jual. Setelah pembelian itu, bimbingan dan pengarahan disampaikan oleh penyedia hosting, dan bahkan sampai sekarang pun, komunikasi masih bisa saya lakukan dengan customer servicenya sewaktu-waktu saya membutuhkan.  Artinya, fasilitas yang disediakan pasca pembelian tersebut sangat membantu saya. So, dapat dikatakan bahwa fasilitas pasca pembelian  merupakan faktor yang sangat membantu pengguna dalam kemudahan penggunaan dan pemeliharaan, serta pengembangan website atau blog dengan nama domain berbayar tersebut. 

Karakteristik Penyedia Layanan Hosting yang Baik

Saya senang dengan penyedia hosting yang memiliki customer service yang tanggap/responsif dan selalu online serta menyediakan banyak informasi mengenai penggunaan, pemeliharaan, dan pengembangan layanan yang sudah kita beli. Pertimbangan saya tersebut tentu berbeda dengan pertimbangan tim IT (Informasi Teknologi), karena mereka lebih paham mengenai seluk beluk pemakaian hosting dan sifat-sifatnya. Saya yang tidak seberapa paham teknis sangat membutuhkan penyedia hosting yangmenyediakan customer service yang ramah, sabar, responsif, dan paham dengan seluk beluk produk, sehingga saat saya mengalami kendala, saya bisa langsung menghubungi customer servicenya melalui website penyedia layanan Hosting.

Nah, di mana sih kita dapat membeli hosting murah dan domain murah yang bisa menyediakan fasilitas email domain yang murah tapi memiliki fitur yang lengkap? 

Kalau di Indonesia sih sekarang sudah banyak penyedia hosting murah. Hanya saja, pastinya, dalam memilih penyedia hosting murah tersebut, kita perlu mempertimbangkan eksistensi, pengalaman, dan kredibilitas penyedia hosting dong. Jangan sampapi kita memilih penyedia hosting yang murah tapi sering down, sering terjadi gangguan, lemot, fasilitas pelayanan rendah, customer service yang tidak ramah. Wah, kalau itu sampai terjadi, itu bisa berdampak pada stabilitas komunikasi dengan klien dan pastinya akan pula mempengaruhi citra usaha kita.

Salah satu penyedia layanan hosting murah yang memiliki fasilitas customer oriented adalah Rumah Web. Mengapa?
  1. Harga terjangkau, harga yang ditawarkan mulai dari IDR 10.000 per bulan.
  2. Fasilitas yang diberikan berupa fitur hosting yang lengkap, seperti SSD Storage yang bikin kecepatan akses cepat; serba unlimited (Unlimited Bandwidth, Unlimited Email Account, Unlimited mySQL); gratis domain; gratis SSL yang akan melindungi dan mengamankan situs, sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pengunjung; gratis Supersite Web Builder; dan gratis dukungan 24/7 yang siap membantu pelanggan selama 24 jam seminggu.
  3. Tidak mudah down.
  4. Eksistensi Rumah Web yang dapat ditemukan di website maupun media komunikasi laing dengan mudah, sehingga membuat pengguna merasa aman dan nyaman.
  5. Pengalaman Rumah Web yang sudah melayani masyarakat Indonesia sejak lebih dari 15 tahun yang lalu.
  6. Layana  purna jual, yang didukung dengan komunikasi yang baik oleh support layanan 24/7 yang siap membantu pelanggan selama 24 jam seminggu.

Rumah Web memiliki fasilitas email domain dengan fitur yang sangat lengkap dengan banyak pilihan paket seperti di bawah iniiii. 






No comments:

Post a Comment

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...