It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Tuesday, November 12, 2013

Kolaborasi Bunda dan Nanda: Proyek Monumental Tahun 2014

Saat membaca proyek monumental Tahun 2014 yang diluncurkan oleh Pak Dhe Cholik, ada gambaran untuk melakukan sebuah proyek yang tidak hanya aku lakukan sendirian, tetapi juga melibatkan putri-putriku dalam proyek monumental ini agar bisa menjadi bagian dari resolusi bersama di tahun 2014. Yupps ... selain itu juga agar bisa menjadi satu unforgetable memories bagi kami. 
Dan, karena usia keempat putriku berpaut lumayan jauh, maka ku buat dua proyek unik di tahun 2014. Proyek monumental yang pertama adalah menulis kumpulan cerpen bersama putriku, Kak Ida, yang sudah duduk di bangku SMA. Dan yang kedua adalah menarasikan gambar dan karya putri-putri kecilku, Kak Dhila, Kak Iffah, dan Dik Nana, yang ketiganya masih duduk di bangku Sekolah Dasar. 

Agar Cerpen-cerpen ini tidak hanya tersimpan dalam Folder
Gambar-gambar Si Kecil pun Layak Diapresiasikan
Nah, agar proyek tersebut bisa dilaksanakan dengan baik, pastinya perlu ditetapkan tahapan-tahapan atau ‘reng-rengan’ mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk masing-masing proyek. Untuk proyek monumental pertama, tahap yang akan aku lakukan adalah: 
  • Langkah 1. Mengumpulkan cerpenku yang selama ini terpendam di blog dan di file laptopku. Karena ini kompilasi cerpenku dan putriku, maka putriku juga akan berbuat serupa, mengumpulkan cerpen yang sudah dia punya. Setidaknya harus terkumpul 33 cerpen. 
  • Langkah 2. Setelah cerpen terkumpul, aku dan putriku akan menentukan tema dan judul. Mungkin terasa terbalik, karena tema dibuat setelah pengumpulan cerpen. Keterbalikan ini terjadi karena tema dan/atau judul harus menyesuaikan antara cerpen yang sudah ada dengan cerpen yang akan dibuat untuk melengkapi jumlah cerpen yang diharapkan. 
  • Langkah 3. Melakukan pengetikan kolaboratif. Artinya seluruh cerpen harus digabungkan jadi satu. Dengan urutan yang sinergis agar pembaca tidak merasa terjadi lompatan tema antara cerpen yang satu dengan yang lain. 
  • Langkah 4. Melakukan pengeditan. Proses editing akan aku lakukan sendiri sebelum dilanjutkan ke bagian percetakan. 
  • Langkah 5. Membuat desain dan layout. Pembuatan desain dan lay out kumpulan cerpen ini akan bekerja sama dengan percetakan langganan my hubby. Dalam hal ini aku dan pihak percetakan akan bekerja sama dalam membangun lay out dan desain cover yang sesuai. Demikian pula dengan pemilihan huruf dan warnanya. 
  • Langkah 6. Koreksi kesesuaian antara desain, lay out, dan isi.  Ini juga aku lakukan bersama antara aku, putriku, dan bagian design dan lay out.
  • Langkah 7. Mengurus ISBN. 
  • Langkah 8. Mencetak perdana, untuk sampling dan promo. 
Sementara itu, untuk proyek kedua, yaitu menarasikan gambar putri-putri kecilku, maka tahapannya adalah: 
  • Langkah 1. Mengumpulkan gambar hasil karya putri-putri kecilku, baik gambar hasil menggambar dengan tangan, paint it, maupun mozaik, menggunting, dan menempel. 
  • Langkah 2. Menyusun urutan gambar agar berurutan dan tidak terkesan terjadi lompatan tema yang mencolok. 
  • Langkah 3. Membuat narasi untuk setiap gambar, antara 150-300 kata per gambar, karena target pembacanya adalah anak-anak usia 6-9 tahun. 
  • Langkah 4. Melakukan editing tulisan dan isi, serta kesesuaian antara isi dan gambar. 
  • Langkah 5. Membuat desain dan lay out dengan bekerja sama dengan percetakan langganan my hubby. 
  • Langkah 6. Koreksi dan finishing kesesuaian isi, desain, dan lay out. Ini juga aku lakukan bersama antara aku dan bagian design dan lay out.
  • Langkah 7. Mengurus ISBN. 
  • Langkah 8. Mencetak perdana, untuk sampling dan promo. 
Rencana Pembiayaan: 
Biaya yang kami perlukan untuk masing-masing proyek hanya ada di dua sektor, yaitu pembuatan desain dan lay out, dengan kisaran Rp. 750.000,- dan cetak sampling sebesar Rp. 250.000,- per eksemplar. Sementara biaya listrik, internet, dan pemeliharaan, dimasukkan di dalam belanja bulanan, karena sudah menjadi pengeluaran tetap :). 

Target Waktu: 
Masing-masing proyek diharapkan bisa diselesaikan dalam kurun waktu maksimal 14 minggu atau 3,5 bulan. Time schedule untuk masing-masing proyek adalah sebagai berikut:

Time Schedule Proyek Penyusunan Buku Anak

Time Schedule Proyek Penyusunan Kumpulan Cerpen
Akhirnya, manusia boleh berencana, tetapi Tuhan yang menentukan, dan ikhtiar yang sungguh-sungguh adalah sebuah keniscayaan.

9 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Waah... semoga sukses ya... detil banget nih proyeknya :D

    ReplyDelete
  3. Wah! Kepiawaian pemilik blog ternyata tertangkap oleh jelinya mata Pakde Cholik. Bagus banget, memang layak jadi Jawara I. Selamat ya.

    ReplyDelete
  4. selamat mak elis..proyeknya sudah divisualisasikan mak :)

    ReplyDelete
  5. Sukses yaa dengan kemenangannya! Semoga Proyeknya berjalan dengan lancar!

    ReplyDelete
  6. Like sisters like mommy ;) kreatif semua. SUKSES ya mbak proyeknya

    ReplyDelete

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...