It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Sunday, August 31, 2014

Mengejar Mimpi Bersama Mimpi Properti

Salah Satu Harapan Seorang Ibu Muda Melalui Status di Facebook
Kutipan status salah seorang ibu muda melalui statusnya di Facebook di atas merupakan  adalah salah satu harapan seorang isteri dari pasangan muda yang baru menikah dan telah memiliki seorang batita. Harapan seperti itu merupakan harapan yang lazim dilontarkan oleh pasangan muda. Terlebih ketika buah hati sudah hadir memeriahkan kebahagiaan mereka berdua. Impian untuk membangun rumah tangga yang utuh, lengkap, dan berkecukupan sandang, pangan, dan papan semakin sering hadir dalam keseharian. Impian yang harus segera diwujudkan. 
Rumah (papan) merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan. Sebagai kebutuhan pokok, setiap orang harus dapat memenuhinya. Namun demikian, sampai saat ini, permasalahan perumahan masih saja menjadi masalah bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi keluarga muda di wilayah perkotaan.

Background: Wonosalam, Jombang (diambil pada Desember, 2013 by Admin)
Kutipan dari Bisnis.com di atas menunjukkan bahwa kebutuhan perumahan di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jika pada tahun 2010 kebutuhan perumahan mencapai  13,6 juta unit, maka pada tahun 2012 mencapai 15 juta unit; Sementara, pada tahun 2013 kebutuhan perumahan mencapai 21,7 juta unit.
Meningkatnya kebutuhan unit perumahan tersebut disebabkan oleh semakin meningkatnya populasi penduduk dan kondisi makro ekonomi Indonesia. Biaya perolehan bahan baku, baik harga tanah maupun biaya bahan material pembangunan rumah yang mengalami peningkatan juga menjadi pemicu meningkatnya kebutuhan perumahan. Karenanya, harga properti yang mengalami peningkatan, sehingga masyarakat semakin kesulitan memperoleh rumah dengan mudah. 

Hal ini terutama banyak ditemukan pada keluarga muda di Indonesia yang masih kesulitan untuk mendapatkan rumah tinggal tetap di perkotaan. Kebanyakan mereka masih meunmpang di rumah orangtua, mertua, mengontrak, atau bahkan ngekos bulanan. Dapat dibayangkan, bagaimana dalam kesehariannya mereka dibayangi harapan di awal hari dan memupusnya di ujung senja. Sementara di malam hari, mereka akan berbincang kembali mengenai rumah idaman sampai-sampai terbawa mimpi yang akan mengusik tidur lelap mereka di malam hari.

Memecahkan Masalah Perumahan Melalui Mimpi Properti

Background: Datarang Tinggi Genting (diambil di Genting Highland, 19 April 2014 by Admin)
Dalam bukunya The Committee of Sleep, Deirdre Barret Phd, Asisten Profesor Psikologi Klinis Universitas Harvard (dikutip oleh Kimberly Hiss, 2014), menyarankan seseorang untuk sungguh-sungguh merenungkan masalahnya, bisa dengan menulis atau mengucapkan pada diri sendiri. Seseorang disarankan untuk membayangkan secara visual dan tegaskan pada diri sendiri: 
"Anda yakini bahwa Anda ingin mendapatkan jawabannya melalui mimpi. Yang tak kalah penting, simpan sebuah notes dan pena di tepi ranjang, tuliskan segera mimpi Anda segera setelah terjaga. Mimpi disimpan di memori jangka pendek, tetapi ketika ditulis, Anda memindahkannya ke memori jangka panjang".
Sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat Indonesia terkait kebutuhan akan perumahan, Mimpi Properti hadir untuk menfasilitasi dan mengakomodasi harapan dan impian mereka untuk mendapatkan rumah dengan mudah. Mimpi properti (Beta Version) merupakan situs pencarian rumah dengan konsep yang fresh, memudahkan pengunjung untuk mencari rumah dan properti lainnya.
Situs Mimpi Properti menyediakan informasi ketersediaan properti, baik berupa properti dijual maupun properti yang disewakan. Selain itu, desain yang sederhana memudahkan pengguna melihat kolom-kolom yang harus diisi agar pengguna dapat memperoleh informasi mengenai rumah di lokasi yang diharapkan.

Fitur Situs Pencarian yang Mudah dan Sederhana
 Fitur pencarian yang mudah dan sederhana dapat dilakukan dengan mengetik alamat atau nama jalan atau nama area atau kode pos dan tinggal klik tombol Cari. Setelah itu, kita akan dibawa ke properti-properti di lokasi tersebut. 
Fitur Pencarian Lanjutan
Selanjutnya, untuk mempersempit atau memspesifikasi area pencarian agar lebih spesifik, terdapat kolom-kolom screening atau penyaringan.
  • Kolom pencarian berdasarkan tipe properti. Di sini kita dapat memilih ipe properti yang kita impikan, seperti rumah, ruko, apartemen, gudang, kantor, atau tanah. Kita tinggal pilih salah satu, maka pencarian akan terspesifikasi ke tipe properti yang kita harapkan. Hal ini memudahkan kita dalam memilih properti idaman, tanpa harus berlama-lama mencarinya di antara tipe-tipe peroperi lainnya.
  • Kolom pencarian berdasarkan provinsi. Di sini kita dapat memilih provinsi di mana kita ingin menghamparkan mimpi kita. Apakah di DKI Jakarta, di Jawa Timur, di Jawa Tengah, di Kalimantan Barat, atau di Provinsi-provinsi lainnya.
  • Kolom pencarian berdasarkan kota dalam provinsi. Dengan adanya kolom pencarian berdasarkan kota, kita dapat lebih spesifik lagi mengarahkan mimpi kita. Apakah di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Pusat, dan sebagainya.
  • Kolom pencarian berdasarkan harga minimum dan maksimum. Nah, untuk kolom penyaringan yang satu ini sangat cocok untuk mempertimbangkan harga properti dengan anggaran yang kita punya. Di sini ada ragam pilihan harga mulai properti dengan harga sangat rendah sampai harga paling tinggi.
  • Kolom pencarian berdasarkan jumlah kamar minimum dan maksimum. Kalau kolom penyaringan yang ini, dapatmemudahkan kita dalam mencari rumah dengan kamar yang sesuai dengan keinginan kita. Apakah cukup dua kamar atau tiga kamar, atau berapa kamar yang kita inginkan. 
Nah, ketika kita mengharapkan impian kita landing (mendarat) di lokasi yang kita harapkan, dengan harga yang sesuai dengan anggaran kita, serta pada rumah dengan jumlah kamar yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga, maka kita tinggal memilih seluruh kolom penyaringan sesuai dengan mimpi kita. Dan, kita pun akan mendarat dengan selamat pada rumah idaman dengan selamat. Tinggal klik tombol detail, maka kita akan mendapatkan deskripsi yang lebih jauh mengenai rumah idaman ataupun gudang ideal kita. 
Di Tempat-tempat Inilah Kita Mendaratkan Impian Kita Melalui Mimpi Properti
Ya, dengan berselancar di dunia Mimpi Properti, kita dapat mendaratkan impian kita akan rumah idaman (seperti gambar nomor 1), gudang ideal (seperti gambar nomor 2), apartemen yang nyaman (seperti gambar nomor 3), ruko yang strategis (seperti gambar nomor 4), dan tanah yang lapang (seperti gambar nomor 5).

Sebagai bentuk sosialisasi dan komunikasi, serta upaya untuk mendekatkan diri dengan khalayak, Mimpi Properti menggelar event Pagelaran Mimpi di Taman Ismail Marzuki pada tanggal 21 September 2014. Ragam event yang menyertai Pagelaran Mimpi di antaranya adalah Event Yuk Kita Foto, Event Blog Kontes, Event Lomba dan Workshop Fotografi, Seminar Go Blogger, dan Bicycle Convoy. Nah, agar lebih dekat dengan Mimpi Properti dan semakin memudahkan kita berselancar dalam memulai untuk mengejar mimpi, sebagai Blogger, hayuk ikut event Blog Kontes Mimpi Properti. Jika beruntung Total Hadiah senilai 11 juta menanti kita lo :). So, makin banyak saja mimpi-mimpi yang dapat kita mulai jelajahi bersama Mimpi Properti.

Mimpi adalah harapan. 
Harapan adalah kekuatan yang menggerakkan seseorang untuk berkeinginan meraihnya.
Jadi, jangan pernah takut bermimpi.


Referensi:
  • Bisnis.com, Selasa, 07 Januari 2014. Kebutuhan Rumah 2013 Melonjak 45% Jadi 21,7 Juta Unit. Reporter: Oktaviano DB Hana. Diakses melalui http://m.bisnis.com/properti/read/20140107/107/196051/kebutuhan-rumah-2013-melonjak-45-jadi-217-juta-unit 
  • Kimberly Hiss, Mengungkap Kekuatan Otak Anda. Reader Diggest Indonesia. September 2014. Hal. 42-53.

No comments:

Post a Comment

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...