It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Monday, September 22, 2014

Kelompok Biru Merah | Edisi Belajar Bersama

Belajar Bersama (pic. by Admin, Surabaya, September 2014 @Office)
Beberapa minggu ini teman-teman sekelas kak Iffah dan dik Nana ikut les gratis di kantor my hubby. Namun, karena suara saya smpat habis beberapa hari akibat batuk angin, maka mereka saya minta untuk belajar bersama di rumah saja. jadi saya tidak perlu balik ke kantor setelah Maghrib.
Karena sampai hari ini, suara saya masih belum normal, maka mereka pun masih belajar di rumah. seperti biasa, pada awal pertemuan, mereka saya minta untuk mengerjakan Pekerjaan Rumah yang diberikan oleh guru mereka. Setelah itu, setelah mereka selesai mengerjakan PRnya, maka saya akan menyambungnya dengan pelajaran saya. Belajar sambil main games ataupun sambil bermain.

Nah, malam ini, menunya adalah menu warna dan bentuk. Pastinya, tetap saya kombinasikan dengan tema belajar mereka, yaitu bekerja sama. 

Untuk warna, kebetulan saya menemukan sisa kertas lipat dik Nana dalam box. Masih ada dua lembar. Warna biru dan warna merah. Warna biru saya beri tema kerja bakti di kampung dengan bentuk lipatan segi empat. Sedangkan warna merah saya beri tema piket di sekolah dengan bentuk lipatan segitiga. 
Mereka harus menjawab pertanyaan dan merangkai jawaban pertanyaan tersebut menjadi satu cerita utuh. Selain itu, mereka harus membuat satu cerita lagi dengan menggunakan kata kunci berupa bentuk dan warna kertas. Ya, tujuan saya memang tidak hanya mengajak mereka belajar menghafal, tetapi juga belajar bereksplorasi. Bahkan, dalam pertanyaan tema, kedua tema juga saya sertakan pertanayaan mengenai sikap yang diambil oleh mereka di saat menemukan sebuah peristiwa terkai masing-masing tema. Dari sini, ketahuan, bagaimana anak bersikap, apakah marah, tegas, keras, lembut, dan sebagainya :).

O iya, karena mereka berempat sedangkan kertas lipatnya hanya dua lembar, maka mereka saya minta untuk membuat kelompok terlebih dahulu. Nah, setelah kelompok terbentuk maka saatnya membagi kertas kepada mereka. 
Pertanyaan dalam tema pada masing-masing kertas saya letakkan di dalam, sehingga anak-anak tidak melihat isi masing-masing kertas. Mereka hanya memilih warna yang mereka sukai. karena awalnya mereka berebut, maka untuk menentukan pemilih pertama saya minta mereka melakukan hum suit. Gunting Batu Kertas. Yang menang mendapatkan kesempatan memilih terlebih dahulu. 
Jadilah dua kelompok, yaitu kelompok biru dan merah.
Ini Kelompok Biru, Imah dan Fira (Pic. by Admin, Surabaya, 22 September 2014 @home)
Ini Kelompok Merah,Kak Iffah dan Lia (Pic. by Admin, Surabaya, 22 September 2014 @home)
Masing-masing kelompok tetap bekerja secara individual. Hanya saja, mereka boleh berdiskusi. Nah, ini dia hasil pekerjaan mereka.
Ini Tulisan Mereka (Pic. by Admin, Surabaya, 22 September 2014 @home)

1 comment:

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...