It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Saturday, March 28, 2020

Jualan Online Mudah dengan AVANA Social Commerce


Memang benar jika ada perkataan populer (dan ilmiah) bahwa perempuan itu diciptakan untuk multitasking, mampu melakukan banyak pekerjaan. Bisa dibayangkan ya, perempuan itu, meskipun sedang menghadap laptop dan mengetik tulisan untuk konten blognya, tetapi ketika ada notifikasi dari si kecil yang minta makan atau minta ditemenin mainan, atau bahkan saat si kecil minta ke belakang, maka ibu akan segera berdiri dan melayani kebutuhan si kecil. Dan, jika sudah selesai semua urusan, maka dia akan kembali lagi ke laptop.

Bahkan saat memasak pun, perempuan bisa melakukan aktivitas lain lo. Begitu ada terdengar notifikasi dari smartphone, dia akan segera meresponnya. Entah itu sekedar membalas komentar di instagram, membalas percakapan di group WhatsApp, sahut-sahutan via twitter, maupun facebook, dan bahkan melayani pembeli yansg merespon jualan onlinenya.

Ada yang punya pengalaman seperti itu? 


Sepertinya banyak ya, karena saat ini memang banyak perempuan yang melakukan penjualan online. Yaaa, karena dalam benak perempuan, bersosial media bukan sekedar sebuah jalan tol yang tanpa pemandangan. Tetapi, bermedia sosial bisa menjadi jalan tol yang di sisi kiri kanannya banyak tanaman indah yang juga harus dinikmati. Terbukti, banyak kan ibu-ibu yang berjualan online melalui media sosial, bahkan meskipun tidak memiliki produk sendiri pun perempuan bisa jualan lo. Bahkan pula, meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, perempuan tetap bisa mencari sela untuk berjualan produk lain.

Kok saya tahu? 

Iya dong, karena saya juga perempuan, yang juga menggunakan media sosial untuk berjualan. Meskipun sebenarnya saya sudah memiliki sebuah usaha sewa menyewa, tetapi saya bisa menikmati jualan online baik via WhatsApp, Facebook, maupun instagram.

Mengapa masih berjualan online

Kalau saya pribadi sih mungkin naluri ya. Jadi rasanya senang saja saat menawarkan barang kepada orang-orang. Saya merasakan hormon adrenalin saya tiba-tiba melonjak saat saya melihat ada produk yang kira-kira bisa saya tawarkan kepada orang-orag di sekitar saya. Yaaa, pastinya tetap sambil menjalankan usaha persewaan saya dong. Produk-produk yang biasanya saya tawarkan terutama produk-produk home industry karya para UMKM/UKM yang pelakunya juga adalah sesama ibu-ibu.

Awal-awal berjualan, saya menggunakan blog gratisan untuk promosi produk. Alhamdulillah, blog gratisan pun bisa untuk menyajikan produk-produk yang kita jual lo. Selain melalui blog gratisan, saya juga menggunakan forum-forum online, web penyedia iklan, dan marketplace online.

Nah, terkait marketplace online, ini saya ada pengalaman baru mengenai marketplace online yang memberikan penawaran mudah dalam memasarkan produk dan membeli produk di sana. Namanya AVANA.

Mengenal AVANA 


AVANA merupakan platform jualan online yang didirikan dengan tujuan untuk membantu pebisnis dengan teknologi inovatif supaya dapat tumbuh bersama. AVANA didirikan pertama kali di Malaysia pada tahun 2016, dan sekarang sudah mulai merambah ke Singapura dan Indonesia.

AVANA ini sangat cocok untuk membantu bisnis skala kecil dan menengah, karena AVANA membantu pengelola bisnis dalam mengintegrasikan toko online melalui facebook dan menjualnya dalam sistem online berbasis website.

Dengan demikian, para pelaku UMKM/UKM akan lebih terbantu peningkatan brand image nya, yang akan mendorong kepercayaan pelanggan dan pada akhirnya pelanggan yakin untuk melakukan pembelian. Dengan menggunakan AVANA, pelaku usaha dapat mengelola pelanggan, pemesanan, dan proses pembayaran dari pelanggan dengan mudah dalam satu tempat. 

Bagaimana Avana Mengoptimalkan Media Sosial?
AVANA mempermudah pelanggan checkout langsung di media sosial dan website tanpa harus meninggalkan laman toko online tersebut. Semua saluran media sosial bisa dikelola dengan mudah hanya di satu dasbor AVANA.
AVANA mempermudah pelanggan checkout langsung di media sosial dan website tanpa harus meninggalkan laman toko online tersebut. Semua saluran media sosial bisa dikelola dengan mudah hanya di satu dasbor AVANA. 

Apa Saja Keuntungan Pelaku Bisnis dalam Menggunakan Avana? 


  1. Avana dapat langsung menghubungkan media sosial dengan toko dan menjadikan pengikut atau teman pemilik produk sebagai potential customer
  2. Avana dapat menghubungkan obrolan kita menjadi pesanan pelanggan dalam hitungan menit di Messenger Chat
  3. Avana membantu membangun toko online dalam hitungan menit dan langsung dapat digunakan untuk berjualan. 
  4. Avana membantu pemilik produk untuk mengelola stok barang dan pesanan dengan cepat, dalam satu dasbor AVANA. 
  5. Banyak tema (desain) yang disediakan, sehingga setiap toko dapat menyajikan keunikannya masing-masing. 
  6. Avana menyediakan banyak fitur unggulan seperti manajemen stock, integrasi pembayaran, auto respon dan komentar, dan messenger blast (promotion). Lihat gambar di bawah ini.

Fitur Utama Avana Social Commerce

Saat saya mengenal AVANA, dan saya pun mencoba daftar di AVANA. Dan saya bisa menikmatinya dengan mudah lo. Ternyata benar, webstore yang di AVANA bisa langsung terkoneksi ke sosial media kita. Waktu saya update gambar produk, saya bisa langsung bisa mengambil gambar di instagram. Karena saat kita upload produk, sudah ada pilihan mau ambil gambar yang di mana. Apakah yang tersimpan di device, atau yang sudah terupload di instagram.  Untuk jelasnya lihat di tutorial di bawah ini ya.



Nah, mudah kan.
Ayo deh dicoba saja dulu, ada versi trialnya kok, jadi kita bisa belajar dulu dan meyakinkan diri untuk menggunakan AVANA sebagai tempat berjualan kita. Kita bisa lebih tahu dahulu apa saja manfaatya, apa saja fitur-fiturnya, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana kemudahan-kemudahan yang ditawarkan AVANA buat para penggunanya.

No comments:

Post a Comment

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...