It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Sunday, February 22, 2015

Job Review Itu Bikin Blogger Makin Semangat Ngeblog

Kebiasaan menulis diary pada masa lalu mengantar saya pada dunia perbloggingan. Awalnya, saya hanya ingin menulis di blog sebagai pengganti kebiasaan saya menulis di diary. Karena ternyata, menulis di blog itu lebih mudah dan tidak ribet. Tidak butuh lagi buku diary yang harus aku beli setiap akhir tahun. Atau bahkan di tengah-tengah tahun, karena sudah kehabisan lembaran kertas dalam diary

Nah, blog pertama yang aku buat merupakan personal blog yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Saya merasa asyik sekali dengan blog ini. Saya juga aktif sekali ikut komunitas dan directory blog internasional. Mengapa? Karena pada waktu itu saya belum banyak tahu perkembangan komunitas blog di Indonesia. Dengan bergabung dengan komunitas blogger dan directory blog tersebut, saya bisa berkenalan dengan para blogger dari luar negeri. Kami saling dukung jika ada kompetisi. Waktu itu, chat box juga masih menjadi idola untuk komunikasi antarblogger. Dan, saya juga memasangnya di sidebar. Lumayan, selain memudahkan interaksi dan komunikasi, juga bisa untuk menaikkan traffic alexa rank.

Nah, tanpa saya duga, saya menerima email dari seorang kawan blogger dari Malaysia, Michelle Soo. Beliau menawarkan untuk memasang link di salah satu postinganku. Hanya memasang link saja di postingan yang sudah aku buat. Jadi aku sudah tidak perlu mengetik lagi. Waktu itu, bayarannya sebesar US$15 per link post, yang dibayarkan ke akun paypal. Permintaan Michelle tidak hanya sekali, tetapi berulang di postingan yang sudah ada.

Email Kedua dari Michelle untuk Permntaan Link Ad dalam Postingan 
Saya pun mulai mencari tahu mengenai link yang dibayar tersebut. Hingga akhirnya, aku menemukan broker job review. Dan, daftarlah aku di sana. Di situs broker itu, kita mendaftarkan blog. Jika di-approve, maka kita tinggal menunggu permintaan pengiklan yang berminat dengan blog kita. Untuk beberapa situs broker job review, kita yang harus berburu job review. Di situ, kita tinggal memilih jenis job yang sesuai dengan keinginan kita dan sesuai dengan tema blog kita. Pastinya juga sesuai dengan harga yang kita tetapkan untuk blog kita, google pagerank, alexa rank, dan konten blog. 
Dan, yang perlu diperhatikan adalah bahwa pengiklan tidak suka jika seluruh isi blog adalah review produk. Biasanya blogger harus menyiasatinya dengan memberi sela tiga postingan bebas untuk setiap satu postingan berbayar.
Itulah mengapa, jika blogger sudah mendapat job review maka blogger semakin semangat ngeblognya. makin rajin update, sehingga kesempatan mendapat tawaran pekerjaan mereview produk lagi pun semakin besar.
Jika advertiser setuju, maka kita akan menerima email mengenai produk atau jasa yang harus kita tuliskan. Biasanya tulisan kita juga dibatasi, antara 150-250 kata saja. Tapi, harganya lumayan lo. Minimal US$5 per post. Tetapi, rata-rata mereka memberi tarif sampai US$30 per post. Pastimya harga itu harus kita bagi dengan broker, tergantung perjanjian kita. Pembagian itu ada yang 75% untuk blogger, 25% untuk broker. Tetapi ada juga yang fifty-fifty. Pembayarannya dilakukan jika kita sudah menyelesaikan tulisan kita dan mempostingnya.

Salah Satu Email dari Broker
Rata-rata postingan yang kita submit akan diapprove, karena tidak terlalu sulit untuk memenuhi syarat-syaratnya. Apalagi permintaan kata-katanya juga tidak panjang, hanya 150-250 kata, keywordnya juga sudah ditentukan, referensinya sudah disediakan, dan gambar-gambarnya juga sudah disediakan. Uraian isinya juga ditentukan apakah dalam bentuk opini atau review, karena kadang ada juga pengiklan yang tidak ingin postingan yang disampaikan dibuat seperti review atau opini,  tetapi seperti cerita biasa saja, hanya saja di dalamnya menggunakan keyword yang ditentukan. 

Melihat peluang itu, saya mulai membuat niche blog, blog dengan tema khusus. Mulai fashion, tentang uang/keuangan (make money online, asuransi, perbankan), teknologi, dan travel, serta hiburan (selebriti, televisi, movie). Untuk personal blog yang memiliki konten beragam, saya biasanya mendapat job review untuk produk perlengkapan rumah, kebutuhan keluarga, parenting, serta kesehatan dan perawatan kecantikan.

O iya, selain mendaftar di broker-broker tersebut, kadang ada juga pengiklan yang sengaja mengirim email ke email kita dan meminta untuk direviewkan produk atau jasa mereka. Kalau yang jenis ini, lebih enak, karena kadang mereka langsung meminta kita untuk membuat review secara periodik (biasanya satu kali posting per bulan) dengan harga yang kita negosiasikan sendiri bersama mereka. Lumayan juga hasilnya, karena dibayar langsung satu kali dalam satu perjanjian. 

Nah, karena beberapa faktor, sejak 2010 saya tidak seberapa aktif ngeblog, paling-paling hanya untuk mengisi waktu saja saat senggang. Namun sekitar tahun 2012 tanpa saya sengaja, saya menemukan komunitas blogger Indonesia. Ternyata ... Perkembangan perbloggingan di Indonesia telah berkembang sangat pesat. Pada tahun 2012 saya pun termotivasi untuk ngeblog lagi dengan menggunakan blog berbahasa Indonesia. Dan, seperti biasa, saya juga membuat niche blog
Yaaa ... Walaupun tidak seberapa keurus, tetapi ada tema-tema tertentu pada blog-blog saya yang berbahasa Indonesia. Sambil ngarep ada job review dalam bahasa Indonesia. Soalnya, selama membuat blog berbahasa Indonesia, paling banyak saya mereview produk, perusahaan, atau layanan tertentu karena mengikuti lomba blog dan bukan karena ada permintaan review dari perusahaan :)

Selain job review, sebenarnya masih banyak lo, menfaat ngeblog bagi blogger. Karena pengiklan tidak hanya menggunakan postingan saja untuk beriklan, tetapi juga membeli space di sidebar, baik dalam bentuk unit link maupun banner. Untuk satu link produk biasanya mereka memberi harga sampai US$15 per bulan. Asyiknya, mereka membayarnya di depan lo, dan ketika link kita bermasalah, misalnya salah menuliskan url, maka mereka akan mengingatkan kita. Begitu pula ketika mereka memutuskan kontrak dengan kita, mereka akan memberi warning via email, bahwa kita harus melepas link atau banner dari sidebar kita. 

Teruuusss .... manfaat lain dari blog untuk blogger adalah bahwa blogger bisa memanfaatkan blognya untuk mengikuti program afiliasi (affiliate program) dari situs-situs toko online. Program afilisasi ini lebih fleksibel dan pengoptimalan hasilnya lebih mudah, karena blogger dapat melakukannya melalui review produk dalam postingan, menempatkan unit link produk, maupun banner, dan lain-lain. 

2 comments:

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...