It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Wednesday, April 05, 2017

Saatnya SI Kecil 'Al Yuzarsif' Belajar Eksplorasi

Hmmm ... meskipun anak sudah enam, tetapi sifat protektif saya sebagai seorang bunda tetap saja ada. Termasuk ketika harus mengasuh si bungsu Al Yuzarsif. Walaupun saya sudah mengingatkan diri sendiri dan mencoba menguatkan hati bahwa Al adalah anak laki-laki yang harus lebih berani dan mandiri, tetapi rasanya dag dig dug ser saat melihat dia belajar berjalan, naik turun tempat tidur, keluar masuk kamar, dan seterusnya. Juga, hati ini sudah deg deg deg saat melihat dia keluar dari pintu rumah dan bermain di teras rumah. Hmmm .... protektif banget kan. 

Hal ini sangat berbeda dengan my hubby yang kadang membiarkan Al untuk bermain di teras rumah meskipun harus berakhir dengan kaki kotor, baju otor dan basah. Atau, membiarkannya bermain air yang dialirkan dari keran di depan rumah. Kalau sudah begitu, biasanya saya yang cerewet dan segera mengambil dan membersihkannya. Pastinya sambil ‘menggumam’ dengan pikiran yang bermacam-macam. Takut kena gatal-gatal lah, takut kena demam lah, batuk lah, flu lah, dan sebagainya. 

Katakan IYA BOLEH pada si Kecil
Hingga akhirnya, saya di’slentik’ sama my hubby saat menghadiri acara Dancow Explore Your World yang mengkampanyekan pengasuhan dengan berkata IYA BOLEH bagi si kecil. Huuuh, 1-0 ini buat my hubby. Ternyata saya harus benar-benar mendidik hati saya dan pola pikir saya dalam pengasuhan supaya anak lebih bisa optimal dalam proses belajar ‘hidup’ bagi si kecil, sehingga si kecil akan bisa meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan atensi, kemampuan memori, kemampuan psikomotorik, kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan bahasanya. 

Dalam acara Dancow Explore Your World yang diselenggarakan di Royal Plaza Surabaya pada tangggal 1 dan 2 April tersebut, selain menyajikan peluncuran produk inovasi baru DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+, juga menyajikan wahana bermain bagi si kecil. Melalui wahana permainan tersebut, si kecil bisa mendapatkan stimulasi untuk mendukung eskplorasinya, sehingga bisa menjadi pribadi yang tangguh secara intelektual maupun emosionalnya. Selain itu, juga dilengkapi dengan adanya konsultasi tumbuuh kembang si kecil bagi ayah dan bunda. 

Acara dibuka dengan opera yang menampilkan sebuah keluarga dengan si kecil yang rajin mengonsumsi susu pertumbuhan sehingga mampu memberi perlindungan dan kecukupan nutrisi bagi si kecil. Susu pertumbuhan yang mengandung bakteri menguntungkan lactobacillus rhamnosus yang dapat melindungi si Petualang Kecil dari serangan kuman penyakit dan memberikan sistem imun bagi tubuh si kecil. 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan press conference yang dipandu oleh bunda Shahnaz Haque dengan para nara sumber Senior Brand manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia, Riza Nopalas, Dokter spesialis tumbuh kembang anak DR. Dr Roedi Irawan, M.Kes SpA(K), dan bunda Ratih Ibrahim, MM. Psikolog. 

Dari apa yang disampaikan oleh para nara sumber tersebut, dapat digarisbawahi bahwa ada tiga komponen yang harus diperhatikan dalam tumbuh kembang si kecil, yaitu kecukupan nutrisi, cinta, dan stimulasi. Dan, di sini, dukungan Ayah sangat diperlukan lo, karena ternyata sehebat-hebatnya bunda, maka tetap harus ada peran ayah yang menguatkan dan mendukung bunda dalam pengasuhan si kecil, supaya si kecil tumbuh secara holistik, baik intelektual, mental, dan spiritual. 

Huft....menyimpulkan pembicaraan para nara sumber tersebut, rasanya saya seperti terlempar dari gunung ‘kekolotan’ yang selama ini menumpuk dalam sifat protektif saya terhadap si kecil. Apalagi, saat acara dilanjutkan dengan eksplorasi wahana bermain dan si kecil Al Yuzarsif, sama sekali tidak mau turun dari gendongan saya. Hmmmm .... jadinya, saya yang harus menggendong-gendong dan memperkenalkan kepada si kecil mengenai apa saja yang ada di wahana bermain. 

Beberapa wahana permainan yang sempat saya tunjukkan pada si kecil Al Yuzarsif (tentunya sambil menggendong, karena jika diturunkan dia akan mewek), di antaranya adalah CENTRAL PARK, ART CENTRE, SMART CITY, dan PLAY PARK. CENTRAL PARK merupakan wahana yang pertama kali saya perkenalkan kepada Al. Wahana ini merupakan area taman kecil yang di dalamnya ada banyak tanaman dan binatang virtual. Kemudian, saya juga berjalan ke arah SMART CITY, yang di sana anak-anak bisa bermain dan membangun kota Dancow berdasarkan. Kemudian saya beralih ke ART CENTRE yang di sana ada kegiatan hand painting buat anak-anak. Selanjutnya, ada juga PLAY PARK untuk si kecil yang sudah diklasifikasi untuk si kecil yang berusia 1+, 3+ dan 5+. 

Sesi Tanya Jawab dalam Acara Dancow Explore Your World
Dalam acara Dancow Explore Your World tersebut, juga ada acara konsultasi tumbuh kembang si kecil untuk Bunda dan Ayah. So, Bunda dan Ayah bisa kompak dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan tumbuh kembang si kecil. Karena seperti yang saya alami, ketika saya terlalu protektif pada si kecil, sementara my hubby memberi peluang bagi si kecil, maka kemungkinan akan membuat si kecil bingung pada siapa harus menurut. Saat Bunda mengatakan ‘tidak’, sementara Ayah mengatakan ‘IYA BOLEH’, maka anak akan menjadi bimbang dalam memilih yang pada akhirnya akan mempengaruhi tumbuh kembang emosi dan motoriknya. Karena itu, dengan adanya kekompakan Bunda dan Ayah dalam mengatakan IYA BOLEH, dan kapan mengatakan TIDAK, serta bagaimana cara mengatakan TIDAK secara bijaksana maka diharapkan si kecil juga akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan bijak. 

Dan info menariknya lagi, event ini tidak hanya digelar di Surabaya, tetapi juga akan dselenggarakan beberapa kota besar lainnya seperti di Jakarta, yang akan diselenggarakan pada tanggal 29-30 April 2017; di Semarang pada tanggal 5-6 Agustus 2017, dan di Solo pada tanggal 9-10 September 2017, serta di kota Makassar, pada tanggal 7-8 Oktober 2017. So, para Bunda dan Ayah di kota lain akan bisa menikmati event ini dengan si kecil.


3 comments:

  1. Wah, dengan diadakannya Dancow event ini di kota-kota lain, semoga bunda-bunda di kota-kota lainnya bisa ikut menikmati acara Dancow ini juga ya..

    ReplyDelete
  2. keren acaranya ya bun... daaan 6 anak, masyaa allah ! luar biasa bunda elis ..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...