It's Okay If You're Not Okay

Yolanda Putih di Depan Rumah @floragardenmama Ketika kita bisa memaafkan orang lain, lalu mengapa kita tidak bisa memaafkan diri sen...

Sunday, August 25, 2019

Manfaat Berkebun A la Mama (Gardening With Love)

Lili Peri @floragardenmama
Sedikit tulisan super ringan tentang manfaat bertanam dan berkebun di halaman rumah. Ya, daripada halaman rumah dibiarin kosong dan lengang. Nanti malah cemburu sama halaman tetangga yang lebih ijo royo-royo. Lebih baik diramaikan dengan sedikit atau sebanyak tanaman kan. Nah, langsung saja ya, apa sih manfaat berkebun. 

(1) Menyehatkan Fisik. 
Kalau kita berkebun secara badan akan bergerak, hirup udara segar pula. Banyak bahan makanan segar yang langsung dipetik dari kebun.

(2) Menyehatkan Psikis alias Jiwa
Berkebun itu bisa melepaskan beban masalah yang bisa bikin stres. Melihat proses tumbuh kembang tanaman itu merupakan pengingat akan kebesaran Tuhan. Hijau segat dan wangi tanaman itu merelaks kan jiwa. Apalagi kalau ditambah dengan suara air, bau tanah yang tersiram air, dan cipak ikan piaraan serta burung yang sekalian kita piara di area kebun. Akan makin menenangkan dan mendamaikan. 

(3) Menyehatkan Dompet. 
Berkebun akan membantu menghemat uang belanja dapoer emak. Kan kalau butuh pandan, daun salam, daun jeruk, cabe, tomat, tinggal petik doang. O iya, ini juga menghemat pengeluaran untuk jalan-jalan lo. Karena anak-anak dan emak bisa berlibur di kebun sendiri. Ya, meski luasnya hanya 30 centimeter persegi (ah ya enggak juga kali ya. kan teras juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman-tanaman dalam pot), tapi kalau hijau kan bisa digunakan untuk berteduh.

(4) Menyehatkan Hubungan dengan Anggota Keluarga. 
Nah, kalau manfaat ini bener banget. Apalagi kalau suami isteri sehobi, jadi bisa saling melengkapi, berbagi, dan berdiskusi.

(5) Menyehatkan Kecerdasan (kognisi, emosi, spifritual), 
Bertanam dan berkebun itu menambah kecerdasan lo. Bukan hanya buat yang berkebun, tapi juga buat anak-anak. Karena alam kebun akan banyak memberi pengalaman buat anak-anak dan penikmat kebun. Menikmati proses tumbuh kembang tanaman dan memetik hasil atau lah sekedar menikmati rimbunan tanaman saja sudah menimbulkan rasa syukur di jiwa. 

Nah, itu sih sekelumit manfaat berkebun yang diingat sama mama. Ada lagikah yang bisa disebutkan?





No comments:

Post a Comment

About Me

Just a little bit of woman, mom, and wife ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...